Revolusi indutri 4.0 merubah pola pikir dan perilaku manusia modern, perubahan tersebut perlu diimbangi dengan adanya Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan komunikasi, kolaboratif, berpikir kritis, kreatif dan inovatif melalui Pendidikan yang mendorong motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil science motivation siswa kelas X IPA SMA N 16 Semarang dengan jumlah sampel 100 siswa. Science Motivation adalah keadaan internal yang membangkitkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku berorientasi pada harapan. Metode yang digunakan observasi dengan penyebaran angket dan wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan profil science motivation siswa kelas X IPA di SMA N 16 Semarang tergolong sedang dengan frekuensi 45 dan presentase 45%. Berdasarkan data tersebut maka perlu adanya peningkatan dalam motivasi belajar siswa melalui lingkungan, guru, keluarga dan faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dibutuhkan peran guru dalam meningkatkan Science Motivation siswa SMA N 16 Semarang, selain itu sekolah perlu melakukan pendataan peminatan siswa berdasarkan harapan yang akan dicapai oleh siswa tersebut guna meningkatkan semangat belajar siswa.
Copyrights © 2020