Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU KEALAMAN DASAR (IKD) BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI

Endang Surahman (Unknown)
Popo Musthofa Kamil (Unknown)
Lina Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter melalui integrasi mata kuliah dan nilai Islam, sedangkan tujuan khususnya adalah menghasilkan produk model pembelajaran IKD berbasis integrasi nilai Islam dan sains untuk mahasiswa Universitas Siliwangi, mengetahui kualitas model pembelajaran IKD berbasis integrasi nilai Islam dan sains yang dikembangkan dan mengetahui respon mahasiswa terhadap bahan ajar perkuliahan Ilmu Kelalaman Dasar  berbasis integrasi Islam dan sains. Penelitian ini mencakup kegiatan studi empiris bertalian dengan silabus dan SAP mata kuliah IKD, studi model dan perangkat pembelajaran yang digunakan, studi model asesmen yang digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi standar, dan muatan pendidikan karakter dalam mata kuliah IKD di Unsil. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Tahun Akademik 2015/2016. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Silabus dan Rencana Pembelajaran matakuliah IKD, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dimodifikasi metode Qiroati Tafsir Al Qur’an. Di samping itu, hasil penelitian ini dengan menggunakan model tersebut diperoleh hasil belajar pengetahuan termasuk kategori baik dan respon mahasiswa yang berupa sikap termasuk pada kategori yang baik pula.Kata Kunci : IKD, Islam, Jigsaw, karakter, Qiroati

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...