Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pengolahan Data

Noviyanti M (STMIK BNJ LUBUKLINGGAU SUMATERA SELATAN)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pengolahan Data”. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau tentang pengolahan data melalui penerapan Model Talking Stick dengan Media Powerpoint?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran talking stick dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Serta tujuan jangka panjangnya adalah model ini dapat memotivasi siswa dalam belajar yang dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kelas. Metode yang digunakan adalah Model Talking Stick dengan Media Powerpoint. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dan hasilnya dari pertemuan I sampai pertemuan II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 7,22 atau dengan ketuntasan belajar sebesar 18,52%. Dan dari pratindakan sampai pertemuan II nilai rata-rata siswa telah meningkat sebesar 11,67 atau dengan ketuntasan belajar sebesar 40,74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau tentang Pengolahan Data setelah penerapan model Talking Stick dengan media Powerpoint dapat meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...