Kulidawa
Vol 1, No 1 (2020): Mei

Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah

Kurnia Kurnia (IAIN Kendari)
Dedyerianto Dedyerianto (IAIN Kendari)
Ety Nur Inah (IAIN Kendari)
Tandri Patih (IAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji hubungan antara minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah semester genap pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 76 siswa. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sampel Jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner (angket), tes (soal), dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan  signifikansi  dengan n = 76, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah memiliki hubungan yang signifikan.Kata Kunci :Minat Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kulidawa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Kulidawa is a science applied education journal (biology education, physics education, natural sciences education, chemistry education, and mathematics education). Articles published in the kulidawa journal include the results of scientific research, scientific article reviews, and responses or ...