Tujuan Penelitian ini adalah menetukan jenis kesulitan belajar Mahasiswa Universitas samawa dalam menyelesaikan soal Matematika Teknik dan factor-faktor ang menyebabakanya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program Studi teknik Sipil semester III sebanyak 51 orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah Seluruh mahasiswa Program studi Teknik Sipil Semester III Karena jumlah populasinya kurang dari 100 oarang mahasiswa maka seluruh popuasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis berbentuk uraian sebannyak 4 item soal, interumen wawancara serta angket utntuk mengetahui jenis kesulitan dan factor penyebab kesulitan belajar matematika Teknik I; yakni kesulitan fakta, keterampilan, konsep, dan prinsip. Analisis diakukan dengan menghitung seberapa banyak kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa yang didukung dengan hasil tes, wawancara dan angket kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pesentase Kesulitan Fakta 66,66% (Tinggi) ,Keterampilan 74,01 (Tinggi) , Konsep 70,25 % (Tinggi) dan Prinsip 69,93 % (Tinggi). Factor- factor penyebab kesulitan belajar mahasiswa didominasi oleh factor internal mahasiswa itu sendiri dengan rincian sebagai berikut: Kecakapan menyelesaikan soal dengan persentase 59 % dan kualifiksai (Cukup), Kemampuan Menyelesaikan Soal dengan persentase 54 % dan kualifikasi (Cukup), pemahaman terhadap matematika Teknik I dengan Persentase 58 % dan kualifikasi (cukup), dan sikap terdap pembelajaran dengan persentase 56 % dan Kualifikasi (cukup), dari sekian banyak faktor baik faktor internal maupun eksternak dan indikator masing – masing faktor dapat disimpulkan bahwa faktor internal mahasiswa yang menjadi faktor kesulitan belajar matematika Teknik I
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018