Pembelajaran menulis paragraf persuasi penting bagi siswa, karena dengan menulis siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan, perasaan atau pendapat, juga dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas siswa dalam menulis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis ataupun kegiatan menulis, serta kurang tepatnya teknik-teknik atau model-model pembelajaran yang digunakan guru dikelas sehingga pembelajaran menulis menyadi pelajaran yang sulit dan kurang diminati siswa, khususnya menulis paragraf persuasi. Agar pembelajaran menulis paragraf persuasi mencapai hasil yang optimal, guru dituntut untuk mampu memilih model yang tepat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diperkirakan tepat untuk pembelajaran menulis paragraf persuasi adalah model service learning. Proses pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model service learning berjalan dengan lancar dan tertib. Siswa pun terlihat aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Model service learning telah berhasil dalam meningkatkan kompetensi menulis paragraf persuasi siswa.
Copyrights © 2018