JESA
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

ANALISIS TUTURAN ANAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMEROLEHAN BAHASA ANAK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Avini Martini (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan peneliti untuk mengetahui penguasaan bahasa anak usia tiga tahun, sebagai upaya peningkatan pemerolehan bahasa anak Sekolah Dasar kelas rendah. Agar dapat menghitung MLU dari seorang anak, kita membutuhkan transkrip dari percakapan setengah jam. Bahasa anak harus dibagi menjadi ujaran-ujaran terpisah, dan ujaran-ujaran ini harus dibagi menjadi morfem. Setiap anak yang normal akan belajar bahasa pertama (bahasa ibu) dalam tahun-tahun pertamanya dan proses itu terjadi hingga kira-kira umur lima tahun (Nababan, 1992:72). Penelitian ini meneliti MLU pada anak usia tiga tahun. Dengan menghitung jumlah MLU, maka akan dapat diketahui apakah anak tersebut telah mengalami perkembangan bahasa secara normal atau tidak. Sumber data penelitian ini adalah seorang anak bernama Dika Rahardi berusia tiga tahun, ia menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa pertamanya. Teknik pengumpulan datanya direkam dengan handphone dan analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Hasil indeks MLU Dika adalah 3,32, dan berada pada tahap IV, yang berarti Dika berada pada tahap rendah, Kelas kata yang telah diperoleh dan dituturkan oleh Dika antara lain nomina, verba, adjektiva, dan adverbial dengan pola kalimat dasar FN+adv, FA+adv, FN+FA, Dika telah mampu bertutur dengan kalimat lengkap dan kalimat berimbuhan yang lengkap.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...