Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP)
Vol 6 No 2 (2019): October 2019

Efektifitas Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau

ivoni susanti (Unknown)
Nopianti, Nopa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Metode penelitian kuatitatif dan menggunakan desain pretest-postest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis menunjukan ada pengaruh model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,20 dan 82,20. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 43,52 dan 61,81. Hasil tersebut menunjukan ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 42,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 18,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biologi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Health Professions Immunology & microbiology

Description

Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a blind peer-review published by Research Institutions and Community Services, University of Nusantara PGRI Kediri and the media for researchers and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific ...