Journal of Sport Science And Physical Education (JOSEPHA)
Vol 1, No 2 (2020)

TINJAUAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES

arif, yudabbirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Kemampuan lompat jauh siswa SD 21 Purus Padang barat masihrendahdalam pembelajaran penjasorkes.Tujuan dari penelitian yang dilakaukan ini adalah untuk mengetahui kemampuan lompat jauh yang dimiliki siswa 21 Purus Padang Barat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD 21 Purus yang berjumlah 95 orang.Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 15 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemamauan lompat jauh yang terdiri dari awalan, tolakan, mendarat.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentatif secara manual.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tentang kemampuan awalan siswa SD 21 Purus bisa dikatakan sudah cukup baik karena tidak ada yang berada dalam kategori kurang. Dari aspek penilaian start rata-rata yang dicapai 8 dan persentae 1,2% dikategorikan sedang dan dalam kecepatan lari rata-rata yang dicapai 12 dan persentase 1,8% dikategorikan baik. Kemampuan Tolakan siswa SD 21 Purus dalam aspek tolakan dengan satu kaki dan ayunan tangan sama-sama memiliki rata-rata 9 dan persentase 1,35 dan dikategorikan sedang. Kemampuan sikap mendarat Siswa SD 21 Purus dalam titik berat badan dikategorikan sedang dan rata-rata  9 mendapatkan persentase 1,95. Sedangkan dalam aspek julukan tangan kedepan rata-rata 9 dan persentase 1,35 dikategorikan baik. Kata kunci :Awalan, Tolakan, Mendarat

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JOSEPHA

Publisher

Subject

Education

Description

This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published ...