Fenomena kehidupan artis baru khususnya dari dunia tarik suara (Menyanyi) yang banyak diberitakan media, memberikan pengaruh minat tersendiri bagi penontonnya, terutama Indonesian Idol (RCTI) merupakan sebuah program acara pencarian bakat dibidang tarik suara yang banyak memberikan inspirasi bagi tumbuhnya minat untuk menjadi artis penyanyi khususnya dikalangan remaja. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan media, khususnya media televisi RCTI terhadap minat masyarakat mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Penelitian ini menggunakan teori SOR untuk menggambarkan terpaan dari media terhadap minat masyarakat menjadi artis dengan mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Penelitian ini dilakukan secara survey dikalangan peserta audisi di Jakarta dengan jumlah responden 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan media berpengaruh positif terhadap minat masyarakat menjadi artis dengan mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol sebesar 30,2%. Jadi jika terpaan media ditingkatkan maka minat masyarakat menjadi artis dengan mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol juga meningkat.
Copyrights © 2020