Industri jasa pelayanan masyarakat tidak terlepas dari persaingan antar pelakunya, yaitu rumah sakit. Berbagai rumah sakit yang ada berupaya memperoleh kepercayaan masyarakat dengan mengemukakan pelayanan yang efisien dan berkualitas. Rumah sakit mempunyai berbagai macam jenis pelayanan kesehatan yang dapat diunggulkan untuk mempertahankan loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kesehatan yang meliputi Terwujud atau Nyata, Empati, Reability, Responsip, Assurance dan untuk mengetahui indikator yang paling dominan dalam penelitian ini. Populasi pada penelitian ini adalah 38 pasien kaum dhuafa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Hasil analisis data dengan signifikanis 0,05 menunjukan bahwa indicator empati, terwujud dan assurance (secara versial) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien kaum dhuafa, sedangkan indikator responsip dan reability tidak berpengaruh positif. Kemudian indikator yang paling dominan yaitu variabel Responsip, karena nilai beta pada variabel Responsip lebih kecil dibandingkan variabel lainnya. Secara keseluruhan variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan kepuasan pasien 55,8% sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak termasuk dalam penelitian
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020