Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ONLINE DI MARKETPLACE

Novitasari, Novitasari (Unknown)
Sari, Mia Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2020

Abstract

Terjadinya pergeseran  minat dari pembelian offline (konvensional) beralih ke pembelian online (daring) membuat pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup di bidang jual beli berkonsep marketplace di Indonesia semakin berkembang dan semakin kompetitif. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen online di marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen online di marketplace serta untuk mengetahui marketplace apa yang paling di minati oleh konsumen online untuk berbelanja. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasilnya adalah faktor harga, keamanan dan kemudahan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Sementara faktor kualitas produk, promosi, kepercayaan, kualitas website dan reputasi vendor tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Tetapi faktor kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan, kualitas website, keamanan, reputasi vendor dan kemudahan transaksi berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat beli konsumen online di marketplace sebesar 63,7%, sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dan marketplace yang paling diminati konsumen online untuk berbelanja adalah Shopee dengan persentase pemilih sebesar 70,3%. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ...