cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 331 Documents
PENERAPAN STRATEGI PROMOSI MELALUI SISTEM TELEMARKETING (Studi Kasus: Pameran Bandung INAFACT 2017) Hanartani, Ranny Hanartani; Maswir, Maswir
Ekonomi & Bisnis Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i2.1407

Abstract

Persaingansengitdalampemasaranprodukbarangdanjasamemicuperusahaanuntuk lebihtanggapterhadap perubahan pasaryangsangatcepatdanperusahaanharusdapat melaksanakanstrategiyangtepat.Sepertipadapersainganbisnisyangterjadipadaindustri MICE (Meeting,Incentive,Conference andExhibition)sekarangdapatdibilangcukupketat. Halinimendorong munculnyaperusahaaneventorganizerbaruyangsiapbersaingdalam memberikankeunggulannya masing-masing. TakterkecualiPT.ProdutaPromosindo.Salah satustrategipemasaran yang   digunakanadalahtelemarketing. Penelitian inidilakukan dengan metodekualitatif.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui danmenganalisa penerapan strategipromosimelalui sistemtelemarketingyangdigunakan olehPT.Produta Promosindo.Adapunmetodepengumpulan datayangdigunakanyaituobservasidan wawancara.Penelitianinimenunjukkanbahwatahapansistempromosisebuahpameran denganmenggunakantelemarketingadalahmembuatdatabase,memperbaruidatabase, danmelakukanprosespenelponan.Hasil penelitianini menunjukkanbahwa strategipromosi melaluitelemarketing belumdapatdikatakanberhasilatautidakdalammenarikminat konsumen
AKSES UMKM PADA KREDIT BANK sudjarwo, Sudjarwo
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.900

Abstract

UMKM mempunyai peranan yang penting terhadap perekonomian di Indonesia, jumlah UMKM sekitar 99,99% dari total pelaku usaha di Indonesia dan memberikan kontribusi 57% PDB serta mampu menyerap tenaga kerja 97,3% (BPS, 2015).  Pertumbuhan kredit UMKM 7,64% pada tahun 2015, kelompok usaha menengah mendapatkan porsi 48%, usaha kecil 28% dan usaha mikro 23%. Rendahnya akses kredit bagi UMKM menarik untuk diteliti. Variabel yang digunakan adalah tingkat pendidikan pengusaha, pengalaman berusaha sebelumnya, rencana bisnis, ukuran perusahaan, lamanya berusaha, dan hubungan dengan bank. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Chi square. Tingkat pendidikan pengusaha, pengalaman berusaha, rencana bisnis perusahaan, ukuran perusahaan yang diukur berdasarkan jumlah aset dan jumlah karyawan perusaan, hubungan nasabah yang ditandai dengan kepemilikan simpanan terdapat hubungan positif dan signifikan terhadap akses kredit perbankan. Lamanya berusaha dan lamanya menjadi nasabah tidak terdapat  hubungan dan  signifikan terhadap akses kredit
PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI KONTROL SOSIAL FORMAL DAN INFORMAL Nurhayati, Ida; Yance M., Elisabeth
Ekonomi & Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i1.477

Abstract

Abstrak Upaya pemberdayaan konsumen adalah sangat penting, karena tidak mudah mengharapkan kesadaran pelaku usaha yang pada dasarnya prinsip ekonomi pelaku usaha adalah mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin dengan modal seminimal mungkin. Di sisi lain, kondisi dan fenomena tersebut dapat mengakibatkan kedudukan pelaku uasaha dan konsumen menjadi tidak seimbang dan konsumen berada pada posisi yang lemah. Untuk meningkatkan harkat dan martabat konsumen perlu peningkatan kesadaran, pengetahuan, kepedulian, kemampuan, dan kemandirian konsumen untuk melindungi dirinya serta menumbuh kembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggungjawab. Di Indonesia, dengan berlakunya Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) No 8 Tahun 1999, maka sejak 20 April 2000, baik melalui negosiasi ataupun melalui LPSK persoalan pelanggaran konsumen dapat diselesiakan. Oleh karena itu atas dasar kondisi tersebut, maka perlu upaya pemberdayaan konsumen melalui undang-undang yang dapat melindungi kepentingan konsumen secara integratif dan komprehensif serta dapat diterapkan secara efektif di masyarakat sehingga perlindungan terhadap konsumen yaitu masyarakat Indonesia dapat terwujud. Key words: perlindungan, konsumen,kontrol sosial
PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI KONTROL SOSIAL FORMAL DAN INFORMAL Nurhayati, Ida; Y.M., Elisabeth
Ekonomi & Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v11i1.72

Abstract

Upaya pemberdayaan konsumen adalah sangat penting, karena tidak mudah mengharapkan kesadaran pelaku usaha yang pada dasarnya prinsip ekonomi pelaku usaha adalah mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin dengan modal seminimal mungkin. Di sisi lain, kondisi dan fenomena tersebut dapat mengakibatkan kedudukan pelaku uasaha dan konsumen menjadi tidak seimbang dan konsumen berada pada posisi yang lemah. Untuk meningkatkan harkat dan martabat konsumen perlu peningkatan kesadaran, pengetahuan, kepedulian, kemampuan, dan kemandirian konsumen untuk melindungi dirinya serta menumbuh kembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggungjawab. Di Indonesia, dengan berlakunya Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) No 8 Tahun 1999, maka sejak 20 April 2000, baik melalui negosiasi ataupun melalui LPSK persoalan pelanggaran konsumen dapat diselesiakan. Oleh karena itu atas dasar kondisi tersebut, maka perlu upaya pemberdayaan konsumen melalui undang-undang yang dapat melindungi kepentingan konsumen secara integratif dan komprehensif serta dapat diterapkan secara efektif di masyarakat sehingga perlindungan terhadap konsumen yaitu masyarakat Indonesia dapat terwujud. Key words: perlindungan, konsumen,kontrol sosial Abstract Efforts to empower consumers is very important, because it is not easy to expect business awareness which is basically the principle of business economics is the maximum profit with minimal capital. On the other hand, condition, and phenomenon can result in position uasaha actors and consumers become unbalanced and consumers are in a weak position. To enhance the dignity of consumers need to increase awareness, knowledge, concerns, abilities, and independence of consumers to protect themselves and to cultivate an attitude of responsible business. In Indonesia, with the enactment of the Consumer Protection Act (BFL) No. 8 of 1999, then since 20 April 2000, either through negotiation or through the Agency may issue violations diselesiakan consumers. Therefore on the basis of the condition, it is necessary efforts to empower consumers through legislation that can protect the interests of consumers in an integrated and comprehensive and can be applied effectively in the community so that the protection of consumers of Indonesian society can be realized. Key words: protection, consumer, social control
KOMPETENSI PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENDUKUNG PELAYANAN KEPADA KONSUMEN Rahadi, Dedi Rianto; Majid, Alda Amelia
Ekonomi & Bisnis Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3602

Abstract

Abstrak Persaingan dalam dunia bisnis semakin meningkat, maka dari itu perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam perusahaan setiap karyawan harus memiliki standar kompetensi yang bertujuan untuk menentukan kualitas pelayanan dimata konsumen dalam menetapkan strategi nya dibutuhkan customer service. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kompetensi pada peran customer service dalam meningkatkan pelayanan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan menggunakan deskriptif dengan menerapkan review dari beberapa metode studi kasus dan berdasarkan literatur review sebelumnya oleh para ahli. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan literatur terdahulu dan pendapat beberapa ahli yang diolah peneliti, hasilnya bahwa kompetensi memiliki peran yang sangat penting bagi customer service dalam meningkatkan pelayanan
ANALISA TINGKAT KEPATUHAN PELAPORAN DANA KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU BERDASARKAN HASIL AUDIT LAPORAN DANA KAMPANYE DI PROVINSI BALI PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 Sugiwa, Iwan; Arifah, Muthia Putri; Farobi, Hasan Kamal
Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.755

Abstract

Abstrak Hasil audit kepatuhan atas Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye peserta Pemilu Legislatif yakni partai politik telah dipublikasikan KPU melalui situs KPU di masing-masing provinsi di Indonesia, termasuk provinsi Bali. Namun, setelah Audit laporan Dana Kampanye dilakukan dan hasilnya telah diumumkan, apalagi yang harus dilakukan oleh KPU sebagai pelaksana dan masyarakat sebagai pemegang hak suara serta pengawas. Di lapangan banyak yang belum mengetahui bagaimana hasil audit Laporan Dana Kampanye. Tentunya dari banyaknya peraturan yang dibuat, pemerintah, KPU dan masyarakat berharap seluruh Partai Politik di tiap kabupaten/kota di Indonesia mematuhi segala peraturan. Penelitain ini akan menjelaskan hasil audit dana kampanye berdasarkan 2 unsur kepatuhan yang terdapat dalam Peraturan KPU No.17 Tahun 2013. Penarikan sampel partai politik yang akan diteliti dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitianini akan mengungkap apakah 5 partai politik dengan perolehan suara tertinggi di 5 kabupaten/kota di provinsi bali memenuhi unsur kepatuhan ketepatan waktu pelaporan dan pelaporan sumbangan dana kampanye pada pemilu legislatif 2014 melalui uji chi-square. Hasil laporan akhir Riset Grand Dosen Mahasiswa ini adalah 92 % dari 5 partai politik dengan suara tertinggi di 5 kabupaten/kota di provinsi Bali memenuhi unsur kepatuhan ketepatan waktu pelaporan dan pelaporan sumber dana kampanye. Kata kunci: Audit kepatuhan, dana kampanye, partaipolitik, pemilu legislatif 2014
PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN MEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN Mai, Mochamad Umar
Ekonomi & Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i1.84

Abstract

This study aims to determine and analyze 1) the influence of corporate governance mechanisms on dividend policy and value of the firm; 2) the effects of dividend policy mediated in order of causality between corporate governance mechanisms and value of the firm. The sample used was the manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange with the observation period starting in 2000 to 2007. The results showed that: 1) corporate governance mechanisms in istitutional ownership represented by institutional ownership have a positive and significant impact on dividend policy represented by dividend payout ratio; 2) corporate governance mechanisms are represented by institutional ownership, independent boards, and board’s size have a positive effect and significant impact on dividend policy, represented by Tobin's q; and 3) the dividend policy does not mediate the relationship of causality between corporate governance mechanisms (which are represented by boards institutional ownership and board’s size) with Tobin's q. Key Word : corporate governance mechanism, value of the firm, boards independent, dividend payout ra
PENGARUH PARTISIPASI PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH Hikma, Afifatul; Ramadhani, Sekar; Amalia, Nurizqi
Ekonomi & Bisnis Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i1.3249

Abstract

Penelitian ini adalah studi kasus pengaruh partisipasi sekolah (formal) terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah. Dalam penelitian ini akan diketahui seberapa besar pengaruh angka partisipasi sekolah (APS) terhadap persentase penduduk miskin di Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Unit yang dianalisis adalah persentase angka partisipasi sekolah (APS), angka partisipasi kasar (APK), angka partisipasi murni (APM) dari tahun 2008 sampai tahun 2017. Sumber data yang dianalisis merupakan data sekunder yang dipublikasikan oleh Biro Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa dari ke 3 data yaitu angka partisipasi sekolah, angka partisipasi murni, dan angka partisipasi kasar, yang paling besar pegaruhnya terhadap persentase jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah adalah angka partisipasi sekolah yaitu sekitar 1,216 
KAJIAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM DISIPLIN ANGGARAN PERGURUAN TINGGI NEGERI Fatimah, Hayati
Ekonomi & Bisnis Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1144

Abstract

Pengendalian internal merupakan hal penting dalam mencapai optimalisasi pengelolaan perguruan tinggi negeri. Pengendalian dibutuhkan dalam pengganggaran untuk menjaga agar anggaran berkualitas, dengan menghasilkan kinerja yang tinggi. Namun anggaran cenderung tidak disiplin dimungkinkan terjadinya budget slack dengan melanggar prinsip anggaran yang ekonomis, efisien, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengendalian internal yang sebaiknya diterapkan dalam mewujudkan disiplin anggaran di perguruan tinggi negeri. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif melalui studi literature dengan mengkaji beberapa literatur berupa peraturan, teori, standar, dan hasil penelitian terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin anggaran di perguruan tinggi negeri dapat dicapai dengan menerapkan pengendalian internal berdasarkan lima elemen SPIP yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, komunikasi dan informasi, serta pemantauan. Pada setiap elemen tersebut dilengkapi dengan indikator yang jelas sehingga dapat menjadi acuan untuk mewujudkan disiplin anggaran di perguruan tinggi negeri.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN DI KODYA DEPOK Hartati, Tuti; Kadunci, Kadunci; Brida, Lenny
Ekonomi & Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.437

Abstract

Abstrak Kegiatan penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Pelayanan Terhadap Keputusan nasabah pegadaian di Wilayah Kodya Depok, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data yang diperoleh kemudian diolah, ditaksirkan, dan disimpulkan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan instrument pengumpul data berupa kuesioner (skala Likert). Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Antara Pelayanan(Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian di Kodya Depok, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelayanan (Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) merupakan faktor-faktor determinan terhadap kepuasan nasabah pegadaian di Kodya Depok. Dengan kata lain, bagi manajemen Perum Pegadaian Depok diharapkan dapat meningkatkan variabel pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen., agar kepuasan nasabah pegadaian meningkat. Berdasarkan hasil analisis koefisien paarsial, maka kekuatan korelasi parsial yang paling baik adalah korelasi antara factor emphaty terhadap kepuasan nasabah di Kodya Depok. Dengan kata lain variable emphaty paling menonjol dibandingkan 4 variabel lainnya, yaitu: Responsivness, Faktor Reliability, Faktor Assurance, Faktor Tangibles. Key word: Responsivness, Reliability, Assurance, Faktor Emphaty, Tangibles, regresi linier berganda

Page 1 of 34 | Total Record : 331


Filter by Year

2011 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 24 No 2 (2025): Jurnal Ekonomi & Bisnis Desember 2025 Vol 24 No 1 (2025): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2025 Vol 23 No 2 (2024): Jurnal Ekonomi & Bisnis Desember 2024 Vol 23 No 1 (2024): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2024 Vol 22 No 2 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Desember 2023 Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol 20 No 2 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 2 DESEMBER 2021 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue