Litera
Vol 14, No 2: LITERA OKTOBER 2015

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERPENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Supriyadi Supriyadi (Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2015

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pembelajaranketerampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitianmenggunakan model recursive reflective design and development (R2D2) dan researchdevelopmentresearch (RDR). Model pembelajaran yang dikembangkan mencakup komponen:pengantar, konsep, keunggulan, tujuan, karakteristik, dan tahapan pembelajaranketerampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruktivisme. Hasil uji ahli,uji pengguna/praktisi, dan uji lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yangdikembangkan terbukti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa menulis karyailmiah, baik pada proses maupun hasil. Indikator keberhasilan proses tampak padakeaktifan dan ketekunan mahasiswa dalam melaksanakan tahapan-tahapan kegiatanmenulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruktivisme. Indikator keberhasilan hasiltampak pada peningkatan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa, baik pada aspek isi/substansi maupun aspek mekanik (ejaan dan tata tulis).Kata kunci: model pembelajaran, menulis karya ilmiah, pendekatan konstruktivisme

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

litera

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LITERA is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta. LITERA is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the ...