Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 1, No 2: November 2017-April 2018

Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa Materi Garis dan Sudut dengan Assesment Portofolio dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V II

Iin Yuana Prastika (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya kemampuan pemahaman konseptual siswa untuk menerapkan konsep garis materi dan sudut. Penelitian ini adalah eksperimental dengan Posttest-Only Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa MTs Al-Hidayah Kelas VII dengan tahun akademik 2015/2016. Sampel diambil dengan melakukan cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. File dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan Uji pemahaman konseptual dan lembar observasi penilaian portofolio. Kemudian, file dianalisis dengan menggunakan One SampleT-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa One Sample T-Test pemahaman konseptual dari matematika 0,001 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 (H0) ditolak , yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen atas KKM secara individu adalah 75. Sementara itu, Independent Sample T-test diperoleh Sig (2-tailed) = 0,001 <0,05 maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode Guided discovery LKS dibantu oleh penilaian portofolio lebih baik daripada siswa yang menggunakan Konsep Kemampuan Pelatihan ekspositori. Metode Implementasi Penuntun Terbukti Penolong Lembar Kerja Siswa dengan penilaian portofolio efektif untuk Meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa kelas VII dalam garis dan sudut material.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...