Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 1, No 2: November 2017-April 2018

Implementasi Model Pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Jejen Wijayanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pembelajaranPQ4Rdengan Pendekatan Saintifik pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematissiswa. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan validasi. Data kualitatif dianalisis dengan model Miles and Huberman. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji instrumen tes, uji ketuntasan, uji banding, dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) desain model pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan enam tahapan dan (2) implementasi model pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...