Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan mahasiswa dalammenyelesaikan soal cerita probabilitas dan menganalisis faktor-faktor penyebabnya berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Newman’s Error Analysis terdiri dari lima tahap yaitu membaca (reading), memahami (comprehension), melakukan proses (process skill), dan penulisan jawaban akhir (encoding). Newman’s Error Analysis terdiri dari lima tahap yaitu membaca (reading), memahami (comprehension), transformasi (transformation), melakukan proses (process skill), dan penulisan jawaban akhir (encoding). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan TeknikInformatika Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2017/2018.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita probabilitas meliputi: (1) kesalahan membaca (reading), (2) kesalahan memahami (comprehension), (3) kesalahan transformasi (transformation), (4) kesalahan melakukan proses (process skill), dan (5) kesalahanpenulisan jawaban akhir (encoding).
Copyrights © 2017