Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PANEL DI KELAS V SDN PANDEAN LAMPER 04

Bety Ismiwati (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
Sari Yustiana (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn melalui metode pembelajaran Diskusi Panel di kelas V SDN Pandean Lamper 04 di kota Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari du pertemuan dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandean Lamper 04 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, dengan menggunakan soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir siklus, sedangkan teknik non tes terdiri dari angket yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa dengan menggunakan lembar angket, kenudian observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi ktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil jumlah angket minat belajar siswa pada siklus 1 dengan kategori MS(minat sangat baik) memperoleh 3 siswa dengan presentase10,7% dengan kategori minat belajar siswa belum memenuhi indikator keberhasilan , sedangkan siklus II jumlah minat belajar siswa dengan kategori MS( minat sangat baik) memperoleh 26 siswa dengan presentase 92,8%. Prestasi belajar siklus I rata-rata ketuntasan klasikalnya 64,29% dan rata-rata 66,96, siklus II rata-rata keuntasan klasikalnya 89,29% dan rata-rata 85,18. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Diskusi Panel dapat menigkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pandean Lamper 04

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...