Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 2, No 1: Mei-Oktober 2018

Penerapan Teori Situasi Didaktik pada Materi Aritmatika Sosial

Firda Farikhatul Inayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori situasi didaktik pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII. Hasil penelitian dengan menggunakan teori situasi didaktik pada pembelajaran matematika menunjukkan bahwa teori situasi didaktik dapat diterima dengan baik oleh siswa, siswa dapat melaksanakan fase-fase yang ada dalam teori situasi didaktik dengan baik. Siswa mampu mengerjakan secara mandiri maupun secara bersama (kelompok). Jawaban yang diberikan siswa pada saat tes dengan menggunakan teori situasi didaktikpun bervariasi. Aktivitas siswa yang selalu meningkat pada saat pembelajaran dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan terakhir yaitu pertemuan ketiga terlihat dari pengamatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teori situasi didaktikpun tergolong baik dibuktikan dari hasil angket siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...