Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 3, No 1: Mei 2019

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang

Rizki Nurintan Purnama (Sultan Agung Islamic University)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII-C di SMP Al Fattah Semarang dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi barisan dan deret aritmetika ditinjau dari kemampual awal matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan representasi tinggi, dapat dikategorikan sangat baik; (2) kemampuan representasi matematis siswa kelompok sedang, dapat dikategorikan baik; dan (3) kemampuan representasi matematis siswa kelompok rendah, dapat dikategorikan kurang. Hal-hal yang mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematis siswa diantaranya: (a) kurang teliti pada proses perhitungan; (b) belum memahami materi atau konsep barisan dan deret aritmetika; (c) belum dapat menggunakan representasi simbol; (d) menganggap representasi verbal tidak dibutuhkan; dan (e) masih bingung dan ragu-ragu menjelaskan jawabannya. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...