Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MULTIMEDIA CLIENT SERVER (MCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEYAKINAN MATEMATIKA

Mohamad Hariyono (Universitas Islam Nahdathul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS, 2) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS yang valid, 3) menguji kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS, dan 4) menguji keefektifan dari pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS. Penelitian mengacu model pengembangan Plomp: (1) Investigasi Awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba perangkat dilakukan di  MI NU TBS kelas V dan kelas V sebagai kelas uji coba. Data diambil dari lembar validasi untuk mengukur kualitas perangkat, lembar pengamatan, angket, tes, dan diolah dengan uji ketuntasan, uji pengaruh regresi, uji banding, uji peningkatan kemampuan pemecahan masalah (KPM). Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor hasil validasi perangkat Silabus 4,12, RPP 4,16, LKS 4,11, BS 4,52, dan TKPM 4,02 dengan interval 1-5 menunjukkan kriteria valid, (2) keefektifan pelaksanaan pembelajaran ditandai dengan: (a) siswayang nilai pemecahan masalahnya lebih dari 70 (KKM) mencapai 90,24%, (b) keyakinan dan aktivitas berpengaruh sebesar 88,0% terhadap KPM (c) rata-rata KPM kelas model PMR berbantuan MCS sebesar 81,83  lebih besar dari pada rata-rata KPM  kelas ekspositori 68,51, dan (d) kemampuan pemecahan masalah  siswakelas PMR meningkat sebesar 45,4%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...