Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KOMPAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS VI SDN GEBANGSARI 02

Darsino Darsino (SDN GEBANGSARI 02 GENUK)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini terfokus pada peningkatan keefektifan dan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas VI SD pada materi kerjasama negara-negara Asia Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SDN Gebangsari 02 UPTD Pendidikan Kecamatan Genuk Kota Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 36 orang. Pelaksanaan tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflecting) Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar peserta didik. Data peserta didik aktif pada siklus I adalah 52,39%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,21%. Data tentang hasil belajar peserta didik nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 78,05 dengan ketuntasan belajar peserta didiksebesar 83,36% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 83,00 dengan ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajan kooperatif model kompak dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran kooperatif model kompak dapat diterapkan pada konsep mata pelajaran yang lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...