Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

OPTIMALISASI PEMANFAATAN ALAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013

Kuncoro Sigit (SD Serayu 02)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Keberpihakan peningkatan kualitas pendidikan kepada daerah pedesaan adalah menjadi keniscayaan. Salah satu alasannya adalah, data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkanbahwa, dari total 28.594.600 orang yang berpredikat miskin di Indonesia, lebih dari 65 persennya (lebih dari 18 juta jiwa) berada di desa. Di sisi lain, lapangan pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh penduduk Indonesia (lebih dari 40%), termasuk didalamnya penduduk di daerah jawa tengah, jawa timur dan jawa barat, adalah petani. Disisi lain, kualitas pendidikan di pedesaan masih rendah dan belum pernah melampaui pendidikan di perkotaan. Oleh karenanya dibutuhkan paradigma yang berbeda dengan pengembangan pendidikan di kota sekaligus strategi khusus agar pendidikan di desa memiliki cirri yang khas dan dapat bersaing dengan pendidikan di daerah perkotaan. Daerah pedesaan yang masih kaya akan sumber daya alam sejatinya menjadi kelebihan tersendiri untukdikelola menjadi sebuah potensi yang tidak dimiliki oleh daerah perkotaan. Lingkungan dan alam sekitar merupakan media sekaligus sumber belajar yang tidak pernah habis untuk terus digali dan dipelajari. Pembelajaran yang berorientasi langsung kealam dapat meningkatkan motivasi siswa sekaligus dapat menurunkan biaya belanja sekolah yang biasanya habis untuk pengadaan media pembelajaran yang berbasis perangkat keras.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...