Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 4, No 2: November 2020

Pengetahuan, Sikap, dan Keyakinan Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Geometri

Siti Rochajati (SD Negeri karangrejo 01 Semarang)
Kasni Astutik (SD Negeri Saambiroto 02 Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki pengetahuan guru sekolah dasar tentang bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang, dan (2).mengeksplorasi sikap dan keyakinan guru sekolah dasar tentang geometri dan pengajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode campuran penelitian kuantitatif dan kualitatif. Tiga puluh guru sekolah dasar di wilayah kecamatan Semarang Selatan sebagai  partisipasi dalam penelitian ini dan menanggapi kuesioner yang terdiri dari item tertutup dan terbuka. Hasil temuan penelitian ini mendeskripsikan bahwa masih banyak guru sekolah dasar yang kurang memiliki pengetahuan tentang bentuk bangun datar dan bangun ruang. Temuan penelitian ini diperkuat dengan data yang menunjukkan bahwa mayoritas guru sekolah dasar tidak mendasarkan penjelasan mereka tentang bentuk geometri pada properti mereka, tetapi terutama hanya pada penampilan visual (gambar) geometris saja.  Artinya dalam hal penegtahuan geometri, guru sekolah dasar kurang menguasai definisi dan sifat-sifat tentang bentuk bagun datar. Guru sekolah dasar memegang teguh pentingnya sikap dan keyakinan yang memotivasi untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran geometri. Para guru sekolah dasar ingin belajar geometri dengan cara yang eksperiensial dan menyenangkan. Mereka ingin mengubah pengalaman ini untuk anak-anak dan menyampaikannya kepada anak-anak sehingga mereka merasa bahwa belajar itu menyenangkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...