Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO BAGI GURU-GURU MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG

Aji Heru Muslim (PGSD FKIP Universitas Muhammdiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2016

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di MIMuhammdiyah Pasirmuncang bertujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan guru-guru di MI Muhammdiyah Pasirmuncang dalam pelaksanan proses pembelajaran dikelas. Guru-guru MI Muhammdiyah Pasirmuncang masih banyak belummenerapakan/menggunakan pembelajran yang menarik pada proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung. Hal ini disebabkan mereka belum mendapatkan suatu pelatihan atau worksop tentang pelatihan pembelajaran berbasis portofolio di MI Muhammdiyah Pasirmuncang yang menarik dan bermakna.Pelatihan dilaksanakandi MI Muhammadiyah Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas.Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamistanggal 14 Januarai 2016. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan pelatihan pembelajarn berbasis portofolioadalah ceramah, diskusi, simulasi dan pembimbingan. Makalah tentang media pembelajaran disampaikam melalui LCD setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab dengan materi: pelatihanpembelajarn berbasis portofolio. Pelatihan ini berhasil, kepala sekolah dan guru menjadi lebih paham tentanng pelatihan pembelajaran berbasis portofolio, namun demikian mereka masih memerlukan bimbingan secara terus menerus.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...