Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR SUPLEMEN DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR

Agus Supardi (Kepala SD Negeri 2 Gedangan Cepogo, Boyolali)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Pendidikan merupakan usaha pengembangan diri yang berkaitan dengan keterampilan, kecerdasan, dan kepribadian. Kebiasaan membaca merupakan ketrampilan yang diperoleh setelah seseorang dilahirkan, bukan ketrampilan bawaan. Indeks baca di Indonesia hanya 0,001 dengan artian bahwa dari 1000 warga hanya satu yang berminat untuk membaca.  Tingkat ketersediaan buku yang minim sebagai bahan ajar utama menjadi alasan utama indeks baca Indonesia menjadi sangat rendah. Penggunaan buku sebagai bahan ajar utama dalam pembelajaran dengan tanpa adanya bahan ajar suplemen menjadikan proses pembelajaran di Indonesia terasa hambar dan kurang menarik alias garing. Inovasi dalam pemenuhan kebutuhan bahan ajar suplemen diharapkan mampu mengurangi rendahnya minat baca masyarakat pendidik. Multimedia interaktif salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam pemenuhan kebutuhan bahan ajar suplemen. Penggunaan bahan ajar multimedia interaktif dapat meningkatkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh – pengaruh psikologis terhadap siswa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...