Latar belakang penelitian ini adalah, pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang disusun dengan tujuan meningkatkan dan mendukung proses belajar siswa. Pada saat pembelajaran guru menggunakan metode dan strategi untuk memudahkan siswa memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Tadabur Alam merupakan sebuah pembelajaran yang menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. Atmosfer belajar tidak menegangkan, komunikasi antara guru dan siswa juga hangat dan juga mementingkan pada active learning, anak dikenalkan pada alam dan diberi pengetahuan tentang benda-benda alam. Pelajaran Bahasa Arab merupakan bagian dari Pendidikan Agama Islam tentu dalam pelajarannya guru dituntut untuk bisa memiliki kemampuan mengembangkan system belajar mengajar secara kreatif serta imajinatif dalam menguasai metode penyampaian yang mampu memotivasi siswa, proses KBM yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan desain kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang lebih dikenal dengan Classroom Research. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini menggunakan studi komparatif deskriptif dan disajikan dalam bentuk naratif agar memudahkan pembaca dalam memahami hasil penelitian. Hasil penelitian di lapangan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan model tadabur alam sangat kurang, akan tetapi setelah menggunakan model tersebut khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab Analisis           data     dari      penelitian            ini        adalah  keaktifan         siswa   mengalami peningkatan, yaitu pada pra-siklus 25%, siklus I 50%, dan siklus II 95%. Begitu pula nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan, dari 66 pada pra- siklus meningkat menjadi 71 pada siklus I, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019