Penanaman nilai erat kaitannya dengan pembentukan watak pribadi peserta didik yang menekankan pada dua aspek yaitu. Pertama aspek pengajaran dan latihan sebagai sarana penyampaian pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat baik bagi pribadi peserta didik maupun masyarakat. Kemudian dalam pendidikan terdapat perintah dan larangan yang dinyatakan secara jelas dan tegas dalam kitab suci lebih khusus pada dimensi ibadah yang merupakan nilai-nilai yang absolute sedangkan norma-norma kemanusiaan merupakan nilai-nilai yang relative. Pendidikan Islam memiliki tujuan pokok yaitu membentuk pribadi muslim khususnya dengan membentuk keluarga berkualitas yang diwarnai oleh nilai-nilai Islami. Adapun perumusan masalahan yaitu bagaimana pendidikan keluarga dalam islam,bagaimana mewujudkan keluarga berkualitas dan bagaimana nilai nilai pendidikan islam dalam keluarga? Sedangkan tujuan penelitian ini sebagai berikut yaitu untuk memperoleh data tentang pendidikan keluarga dalam islam dan mewujudkan keluarga berkualitas serta nilai nilai pendidikan islam dalam keluarga Serta Peranan Pendidikan Keluarga dalam Mendidik Anak. Tujuan penelitian adalah untuk memahami bagaimana suatu komunitas atau individu-individu dalam menerima isu tertentu. Metode kualitatif membantu ketersediaan diskripsi yang kaya atas fenomena. Kualitatif mendorong pemahaman atas substansi dari suatu peristiwa. Studi kepustakaan yang dilakukan sebelum melakukan penelitian bertujuan untuk pertama menemukan suatu masalah untuk diteliti dalam arti bukti-bukti atau pernyataan bahwa masalah yang akan diteliti itu belum terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan mengenai tujuan, data dan metode, analisa dan hasil. Kedua mencari informasi yang relevan dengan masalah yang akan diteliti berupa bahan kepustakaan berupa sumber primer maupun sekunder. Nilai nilai dalam pendidikan islam yang terdapat dalam keluarga berkualitas berupaya untuk mendidik anak agar menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kompetensi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak. Oleh kerna itu, dalam mewujudkan keluarga berkualitas terdapat nilai nilai pendidikan sebagai berikut, pendidikan jasmani dan kesehatan, pendidikan akal, pendidikan psikologi dan emosi, pendidikan agama dan spiritual; pendidikan akhlak dan pendidikan social.
Copyrights © 2018