ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 7, No 3 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SDN 060959 BELAWAN

Ester Julinda Simarmata Julinda Simarmata (Dosen Universitas Katolik Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatan aktifitas belajar siswa melalui pendekatan Kontekstual materi Bangun Datar di kelas V. (2) Untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan Kontekstual materi Bangun Datar. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes hasil belajar, aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata tes evaluasi dari 67,17 menjadi 86,96. (3) Ketuntasan siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan Kontekstual pada materi Bangun Datar terjadi peningkatan. Peningkatan yang terjadi antara ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan siklus II sebesar 22,29%.  Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan guru matematika SDN 060959 Belawan mengajarkan bangun datar melalui pendekatan Kontekstual.Kata Kunci:  Pendekatan Kontekstual, Aktivitas, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...