cover
Contact Name
Lala Jelita Ananda
Contact Email
ljananda.84@gmail.com
Phone
+6281260334089
Journal Mail Official
elementary_pgsd@unimed.ac.id
Editorial Address
Department Of PPSD FIP UNIMED William Iskandar Street Pasar V Medan Estate Kode Pos : No. 1589-Medan 20221 Phone: 081260334089-087869010027 / Fax. 061-6614002
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : 24074934     EISSN : 23551747     DOI : https://doi.org/10.24114/esjpgsd
Core Subject : Education,
Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary school.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 515 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS III SD NEGERI NO. 056591 SIDOREJO Suwartik Suwartik
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v6i2.5973

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa dengan model koperatif tipe STAD di kelas III SD Negeri No. 056591 Sidorejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri No. 056591 Sidorejo berjumlah 15 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1) Dengan model STAD, hasil belajar siswa meningkat yaitu siklus I terdapat 8 siswa yang tuntas secara individu tetapi kelas belum tuntas sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa yang tuntas secara individu dan tuntas secara kelas; 2) Terjadi peningkatan rata-rata aktivitas belajar, yaitu aktivitas mengerjakan LAS dari 27% menjadi 38% dan bertanya pada teman dari 11% menjadi 24%, sedangkan aktivitas yang menurun adalah menulis/ membaca dari 39% menjadi 27%, aktivitas aktivitas bertanya pada guru dari 13% menjadi 9% dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM dari 11% menjadi 3%.Kata Kunci : Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP ENERGI PANAS BIDANG STUDI IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SKRIP KOOPERATIF DI KELAS VIA SDN 105292 PERCUT SEI TUAN Mesrawati Mesrawati
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v7i2.7281

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan respon siswa kelas IVa semester ganjil SDN 105292 Percut Sei Tuan dalam memahami materi Energi Panas melalui penerapan strategi pembelajaran skrip Kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif interaktif yang dilakukan dengan 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVa semester SDN 105292 Percut Sei Tuan. Sedangkan obyeknya adalah strategi Skrip Kooperatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa pada materi ini nilai rata-rata hanya 66,00, sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran Skrip Kooperatif meningkat mencapai nilai rata-rata 72,42. Dan pada siklus 3 nilai rata-rata meningkat menjadi 83,00. Respon siswa juga meningkat, data hasil observasi terhadap aktifitas siswa dari 52,08% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 menjadi dari 70,83%dan menjadi 89,58% pada siklus ketiga. Kata Kunci:  Penguasaan Konsep, Kemampuan Siswa, Skrip                       Kooperatif
STRATEGI KERJA PRAKTEK DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK DAPAT MENINGKATKAN GURU GURU SD NEGERI 163083 TEBING TINGGI DALAM MENYUSUN RPP INOVATIF TAHUN 2018 Setyo Sutarno
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v8i3.11873

Abstract

ABSTRACTSchools as an educational institution or institution should ideally be able to carry out the process of education, socialization and transformation. The framework of thinking mentioned above directs the writer to formulate the hypothesis of action in this study, namely: Strategic Work Practice with the Feedback technique can increase teacher teachers in SD Negeri 163083 Tebing Tinggi in preparing an Innovative RPP. The researcher / supervisor collects each lesson plan that the teacher has made. From the results presented, conclusions can be drawn that the hypothesis of action has been proven, Performance indicators At least 85% of teachers show good commitment in preparing Innovative RPPs (average value 4.00-5.00) on a scale of 1-5 , reached at the end of the third cycle with an achievement of 94%.Keywords: Strategy, Innovative, Engineering ABSTRAKSekolah sebagai suatu institusi atau lembaga pendidikan idealnya harus mampu melakukan proses edukasi, sosialisasi, dan transformasi. Kerangka berpikir tersebut di atas mengarahkan penulis untuk merumuskan hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu : Strategi Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik dapat meningkatkan guru guru SD Negeri 163083 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif. Peneliti/supervisor mengumpulkan masing-masing sebuah RPP yang telah dibuat guru. Dari hasil-hasil yang dipaparkan, dapat dibuat simpulan bahwa hipotesis tindakan telah terbukti, Indikator kinerja Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan komitmen yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5, tercapai pada akhir siklus III dengan pencapaian 94%Kata Kunci: Strategi, Inovatif, Teknik
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN BULU TANGKIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SD NEGERI 040475 TIGA SERANGKAI Tenaga Surbakti
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v4i2.3972

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain bulu tangkis siswa kelas IV di SD Negeri 040475 Tiga Serangkai. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD 040475 Tiga serangkai dengan jumlah 48 siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa; 1) Penerapan model pembelajaran langsung selama kegiatan belajar mengajar pada materi pokok bulu tangkis di Kelas IV SD  040475 Tigaserangkai berhasil memperbaiki hasil belajar psikomotorik siswa, dimana pada siklus I 35,41% siswa lulus secara klasikal meningkat menjadi 87,5% pada siklus II ; 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana pada siklus satu aktivitas memperagakan (praktek) 39%, aktivitas bertanya pada teman 17%, aktivitas bertanya pada guru 22%, aktivitas yang tidak relevan dengan KBM 22%. Pada siklus II meningkat menjadi aktivitas memperagakan (praktek) 70%, aktivitas bertanya pada teman (15%), aktivitas bertanya pada guru (7%), dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM (8%); 3) Minat belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran Penjaskes tergolong cukup tinggi, dimana 82% siswa senang terhadap pelajaran Penjaskes, 81% siswa ingin tau terhadap pembelajaran Penjaskes dan 82% siswa ingin membantu temannya dalam pelajaran Penjaskes.   Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Keterampilan, Siswa
PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERMUATAN SOFT SKILLS PANINGKAT SIBURIAN
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2013): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v1i2.1332

Abstract

ABSTRAK Lembaga pendidikan tenaga kependidikan sebagai bagian dari perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan calon pendidik profesional yang memiliki hard skills dan soft skills sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersier.Untuk itu, perlu dilakukan perubahan pradigma pembelajaran dari pembelajaran yang berorientasi kepada dosen ke pembelajaran yang berorientasi kepada mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat.Selain itu, ditetapkan atribut soft skill lulusannya untuk diintegrasikan dalam pembelajaran sebagai kurikulum tersembunyi. Untuk menjamin adanya peningkatan kompetensi lulusan yang memiliki soft skills sesuai dengan tujuan dapat diterapkan manajemen pembelajaran bermuatan soft skills Manajemen pembelajaran bermuatan soft skills merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Jadi, melalui implementasi manajemen pembelajaran bermuatan soft skills  dapat disiapkan lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang memiliki soft skills sesuai atau melebihi kebutuhan pelanggan tersier.   Kata kunci : Kompetensi Lulusan, Manajemen Pembelajaran, Soft Skills
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.P 2017/2018 Demmu Karo-Karo; Desy Christin Marbun
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 2 (2019): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v9i2.14325

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine differences in student learning outcomes taught with Direct Instruction learning models with the Model Based Learning model. The type of this research is comparative research. This study was conducted at Public Elementary School 101771 Tembung in even semester T.P 2017/2018. The study population was class V which consisted of 2 classes totaling 66 people namely class VA and VB. The results of the study concluded that there were significant differences between the mathematics learning outcomes of VA class students who were taught using the Problem Based Learning model with the VB class taught by using the Direct Instruction learning model on the subject matter of Multiplication and Fraction Sharing.Keywords: Direct Instruction, Problem Based Learning ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101771 Tembung pada semester genap T.P 2017/2018. Populasi  penelitian adalah  kelas V yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 66 orang yaitu kelas VA dan VB. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika siswa kelas VA yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas VB yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi pokok Perkalian dan Pembagian Pecahan .                     Kata Kunci: Direct Instruktion, Problem Based Learning
ANALISIS MINAT MAHASISWA JURUSAN IKOR MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI UNIMED Puji Ratno
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v5i2.4471

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat mahasiswa Jurusan IKOR dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di UNIMED. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tehnik menggunakan angket dengan jumlah pernyataan sebanyak 38 butir. Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Hasil analisis data diperoleh dari 38 pernyataan dengan 5 indikator diperoleh hasil: 1. Pengetahuan umum terhadap kegiatan ekstrakurikuler = 80,57%,  2. Latar belakang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler  = 70,05%, 3. Ciri-ciri kegiatan ekstrakurikuler = 77, 39%, 4. Faktor-faktor pemilihan kegiatan ekstrakurikuler = 71,91%, 5. Motivasi mengikuti kegiatan ekatrakurikuler  = 71,38%. Dan minat mahasiswa Jurusan IKOR mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di UNIMED sebesar 73,84%. Dari data ini berarti minat mahasiswa Jurusan IKOR mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di UNIMED termasuk dalam kategori baik.   Kata Kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa, Minat
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 050660 STABAT MASTA GINTING; GIHARI EKO PRASETYO
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v2i2.2047

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 050660 Stabat Kec. Stabat. Kab. Langkat. Tahun Ajaran 2013/2014. Yang berjumlah 17 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 16 dan perempuan  berjumlah 21 orang. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi yang di lakukan peneliti terhadap guru kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan dalam dua siklus, diaman setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing terdiri dari 35 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melaui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang dilakukan dalam penelitianini yaitu berdasarkan hasil angket yang di berikan pada setiap siklus. Dari hasil yang diperoleh dari 38 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan kelas IV SD Negeri 050660 Stabat Kec. Stabat.   Kata kunci: Motivasi belajar, model Word Square, pelajaran IPA
DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA PSIKIS DAN INGATAN ANAK Amalia Meutia
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 10, No 1 (2020): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v10i1.19287

Abstract

ABSTRACTThe Covid 19 pandemic triggered quarantine, death, poverty and anxiety which resulted in a crisis of serious mental disorders. Children can experience stress and trauma due to this problem. Several things can be done to prevent child stress and trauma, namely: ensuring physical and emotional security; building and maintaining healthy relationships; teaches support skills and strategies for overcoming and regulating emotions. These three main components can help children grow and develop. In addition this effort is expected to make children have a good memory of how they passed the Covid 19 pandemic. Keywords: Negative Impact, Pandemi, Children ABSTRAKPandemi Covid 19 memicu karantina, kematian, kemiskinan, dan kegelisahan yang mengakibatkan krisis gangguan mental yang serius. Anak dapat mengalami stres dan trauma akibat masalah ini. Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah anak stres dan trauma, yaitu: memastikan keamanan fisik dan emosional; membangun dan menjaga hubungan yang sehat; mengajarkan keterampilan pendukung dan strategi untuk mengatasi dan mengatur emosi. Ketiga komponen utama ini dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang. Selain itu upaya ini diharapkan dapat membuat anak memiliki ingatan yang baik tentang bagaimana mereka melewati masa pandemi Covid 19. Kata Kunci : Dampak Negatif, Pandemi, Anak
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OLAHRAGA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI KELAS V-B SD NEGERI NO. 105300 SUKA MAKMUR KEC. DELITUA Martinus Martinus
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/esjpgsd.v3i2.5988

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif untuk melihat dampaknya pada aktivitas dan keterampilan psikomotorik siswa pada Bidang Studi Penjaskes. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua dengan jumlah siswa 27 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 27. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum  pembelajaran disekolah.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  hasilnya  masing-masing menunjukkan rata-rata 77 dan 84. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II.Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  memperagakan (Praktik) (43% ), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (18%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (26%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  memperagakan (Praktik) (67% ), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (12%). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya selama KBM membuat siswa sangat senang, sangat antusias. Namun demikian masih terdapat keterbatasan dalam penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri No. 105300 Suka Makmur ini, diantaranya; 1) materi yang dipelajari pada setiap siklus berbeda meskipun pada pokok bahasan yang sama yaitu “Rounders”. Hal ini memungkinkan pemahaman siswa terhadap materi berbeda-beda, mungkin pada siklus I tingkat pemahaman siswa lebih tinggi dari pada siklus II, atau sebaliknya.  Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu kelas yakni kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua karena keterbatasan dana dan waktu, hal ini membatasi kesimpulan akhir hanya berlaku pada kelas subjek tersebut dan perlu pembuktian untuk kelas yang lain. Kata Kunci:  Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Keterampilan Belaja

Page 1 of 52 | Total Record : 515


Filter by Year

2013 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2024): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 14, No 1 (2024): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 13, No 4 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 13, No 3 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 13, No 2 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 13, No 1 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 12, No 4 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 12, No 3 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 12, No 2 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 12, No 1 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 11, No 4 (2021): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 11, No 3 (2021): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 11, No 2 (2021): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 11, No 1 (2021): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 10, No 4 (2020): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 10, No 3 (2020): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 10, No 2 (2020): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 10, No 1 (2020): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 4 (2019): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 3 (2019): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 2 (2019): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2019): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2013): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED More Issue