Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 12 No 2 (2021): Kompetensi Pendidik dan Peserta Didik

Analisis Penggunaan Aplikasi Daring oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat selama Pandemi Covid-19

M. Irfan (Universitas Sulawesi Barat)
Ariandi Ariandi (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempersentasekan berbagai aplikasi media pembelajaran daring yang digunakan oleh dosen dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Responden terdiri dari semua dosen program studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat yang aktif mengajar pada semester genap 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode data primer dengan menggunakan kuisioner online. Hasil kuisioner yang disebarkan kepada responden dianalisis secara statistic deskriptif untuk mengetahui persentase penggunaan aplikasi pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dosen pada program studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat menggunakan WhatsApp Group 83,3%, Google Classroom 83,3%, ZOOM Cloud Meetings 66,7%, E-Mail 66,7%, Youtube 41,7%, Quizizz 25%, Mentimeter 8,3%, dan Google Formulir 8,3% dalam proses pembelajaran daring. Dalam pembelajarannya dosen menggunakan lebih dari satu aplikasi. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi terhadap program studi pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring di masa yang akan datang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...