Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi video critic dalam pembelajaran aqidah siswa kelas IX di SMP Muhamamdiyah 7 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi video critic harus mempersiapkan video sesuai materi, media dan alat, serta mengatur waktu. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat beragam, siswa merasa pembelajaran menyenangkan dan mudah dipahami. Siswa mampu berpikir abstrak terjadinya hari akhir, sesuai Teori Piaget proses belajar seseorang mengikuti pola dan tahap perkembangannya sesuai dengan umur, mampu menarik kesimpulan, dan mengembangkan hipotesis. Kesulitannya yaitu membutuhkan persiapan yang matang dalam pelaksanaanya, menyiapkan dan memilih video, memastikan media dan alat dalam kondisi baik, mengatur waktu sebaik mungkin. Keberhasilan dapat dilihat melalui hasil analisis yang siswa sampaikan dan evaluasi soal di buku pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020