Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020

Video Critic dalam Pembelajaran Aqidah pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

Dhaniayainil, Annidya Eva (Unknown)
Widyaningrum, Widyaningrum (Unknown)
Maassita, Ria Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi video critic dalam pembelajaran aqidah siswa kelas IX di SMP Muhamamdiyah 7 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi video critic harus mempersiapkan video sesuai materi, media dan alat, serta mengatur waktu. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat beragam, siswa merasa pembelajaran menyenangkan dan mudah dipahami. Siswa mampu berpikir abstrak terjadinya hari akhir, sesuai Teori Piaget proses belajar seseorang mengikuti pola dan tahap perkembangannya sesuai dengan umur, mampu menarik kesimpulan, dan mengembangkan hipotesis. Kesulitannya yaitu membutuhkan persiapan yang matang dalam pelaksanaanya, menyiapkan dan memilih video, memastikan media dan alat dalam kondisi baik, mengatur waktu sebaik mungkin. Keberhasilan dapat dilihat melalui hasil analisis yang siswa sampaikan dan evaluasi soal di buku pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...