Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen
Vol 2 No 1 (2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN KABUPATEN MOROWALI (STUDI DESA MATAN SALA)

Muhammad Umar (Universitas Alkhairaat)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengkaji dan menganalisis tarif, pelayanan, promosi,dan citra secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(2) Untuk mengkaji dan menganalisis tarif berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(3) Untuk mengkaji dan menganalisis pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(4) Untuk mengkaji dan menganalisis promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali. (5) Untuk mengkaji dan menganalisis citra berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali(6) Untuk mengkaji dan menganalisis faktor manakah yang dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Morowali. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.860 menunjukkan bahwa tarif (X1), promosi (X2), pelayanan (X3)dan citra (X4) mempunyai pengaruh sebesar 86% terhadap keputusan nasabah, sedangkan selebihnya 14% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. Tarif/premi, promosi, pelayanan dan citra secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis pertama dinyatakan terbukti. Tarif/premi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis kedua dinyatakan terbukti. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis ketiga dinyatakan terbukti. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis keempat dinyatakan terbukti. Citra berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis kelima dinyatakan terbukti. Faktor yang paling berpengaruh adalah pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis keenam dinyatakan tidak terbukti.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

trend

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi ManajemenJurnal Trend adalah jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, jurnal ini di terbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, jurnal ini merupakan hasil riset dalam dunia Ekonomi Manajemen, ...