Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen
Vol 7 No 1 (2019)

PENGARUH DI MENSI DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BPJS KESEHATAN CENTER RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ANUTAPURA

Marjun Marjun (Universitas Alkhairaat Palu)
Idrus M Said (Universitas Alkhairaat)
Ningsih K (Universitas Alkhairaat)
Ahmad Tahali (Universitas Alkhairaat)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Era globalisasi perekonomian saat ini, pengelolaan bisnis rumah sakit dituntut untuk melakukan penyesuaian secara terus menerus searah dengan perubahan perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis, sehingga lembaga kesehatan seperti halnya rumah sakit pemerintah yang mengemban misi sosial harus mampu berperan sebagai lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang memerlukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dimensi Kualitas Layanan yang terdiri atas kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, kualitas hasil, secara serempak dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap BPJS Kesehatan Center Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura. Populasi dalam penelitian ini jumlah pasien yang menjalani rawat inap BPJS Kesehatan Center Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura. Berdasarkan data dari bagian administrasi pada BPJS Kesehatan Center Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura. yang diteliti, diketahui jumlah pasien yang menjalani rawat inap dari bulan Januari-Maret Tahun 2018 sebanyak 1.824 pasien. Tehnik penarikan sampel mengunakan purpusive sampling. Dengan demikian, populasi 1.824 pasien BPJS Kesehatan Center Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura, dijadikan sampel 95 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi ganda (R-Squared) yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 0.516 atau 51,6% sedangkan selebihnya sebesar 48,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model (e) dalam penelitian ini. Artinya, dalam penelitian ini ada variabel lain yang tidak diteliti turut memberikan pengaruh dengan nilai pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 48,4%. Kata Kunci: Dimensi Kualitas Layanan Dan Kepuasan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

trend

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi ManajemenJurnal Trend adalah jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, jurnal ini di terbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, jurnal ini merupakan hasil riset dalam dunia Ekonomi Manajemen, ...