Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan menggambar pola busana rumah sederhana (daster) pada siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bancak semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah peningkatan keterampilan dan penilaian sikap atau perilaku yang kemudian dianalisis dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan rata-rata perolehan skor dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bancak semester gasal tahun pelajaran 2017/ 2018 dengan jumlah siswa adalah 22 orang yang terbagi atas 14 laki laki dan 8 perempuan. Dari hasil pelaksanaan penelitian dengan 2 siklus dengan menggunakan metode tutor teman sebaya ini dapat meningkatkan keterampilan menggambar pola busana rumah sederhana (daster) sebesar 84,31 dengan 19 (85,36%) siswa yang mengalami peningkatan dengan mendapatkan nilai keterampilan mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75 dan meningkatkan sikap atau perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 84,18 yang berada pada kategori baik.
Copyrights © 2020