INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 3, No 1 (2020): Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Februari 2020)

Meningkatkan Keterampilan Menggambar Pola Busana Rumah Sederhana (Daster) Mata Pelajaran Tata Busana dengan Metode Tutor Sebaya

Sri Winarsih (SMP Negeri 1 Bancak)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan menggambar pola busana rumah sederhana (daster) pada siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bancak semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah peningkatan keterampilan dan penilaian sikap atau perilaku yang kemudian dianalisis dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan rata-rata perolehan skor dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Bancak semester gasal tahun pelajaran 2017/ 2018 dengan jumlah siswa adalah 22 orang yang terbagi atas 14 laki laki dan 8 perempuan. Dari hasil pelaksanaan penelitian dengan 2 siklus dengan menggunakan metode tutor teman sebaya ini dapat meningkatkan keterampilan menggambar pola busana rumah sederhana (daster) sebesar 84,31 dengan 19 (85,36%) siswa yang mengalami peningkatan dengan mendapatkan nilai keterampilan mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75 dan meningkatkan sikap atau perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 84,18 yang berada pada kategori baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Inopendas merupakan jurnal inovasi pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar yang diharapkan mempublish artikel-artikel hasil penelitian terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memfokuskan pada inovasi pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran tinggi ...