Pemahaman siswa akan materi keliling dan luas bangun datar terutama pada penyelesian soal cerita mengalami kesulitan. Pemilihan media merupakan kata kunci bagi guru dalam memaparkan materi dan mencapai hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini, Pertama, mengetahui validitas media permainan ular tangga bermotif bangun datar Kedua, mengetahui keefektifan media ular tangga bermotif bangun datar terhadap keaktifan belajar siswa. Ketiga, mengetahui keefektifan media permainan ular tangga bermotif bangun datar terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Mix Method dengan jenis penelitian concurent embedded (campuran tidak berimbang). Desain penelitian ini menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan tes. Data-data yang diperoleh dari berbagai metode tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga valid untuk dijadikan media pembelajaran matematika. Hasil analisis keaktifan siswa, menunjukkann bahwa rata-rata keaktifan kelas ekperimen 88,7 lebih baik dari kelas kontrol yang hanya memiliki nilai 78,96, dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan penggunaan media permainan ular tangga bermotif bangun datar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, penerapan media permainan ular tangga bermotif gambar bangun datar efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2020