INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 3, No 2 (2020): Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Agustus 2020)

Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru SMA Negeri 3 Soromandi Kabupaten Bima

Yuris Yuris (SMA Negeri 3 Suromandi)
Arissaryadin Arissaryadin (Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bima)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Sejumlah penelitian terdahulu, yang berlokasi di beberapa sekolah di Indonesia, telah membuktikan bahwa motivasi  berprestasi memiliki hubungan positif dengan kinerja guru. Namun demikian, penelitian terkait variabel tersebut di atas, belum  pernah dilakukan di SMA Negeri 3 Soromandi, Kabupaten Bima.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui tingkat hubungan motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Adapun subyek penelitian ini, sebanyak 23 guru di SMA Negeri 3 Soromandi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Untuk  menguji hipotesis penelitian, dilakukan analisis data menggunakan Stastistical Product and Service Solution (SPSS) versi  20. Hasil pengujian dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA Negeri 3 Soromandi. Temuan ini menegaskan bahwa apabila motivasi berprestasi ditingkatkan, maka kinerja guru akan meningkat. Kepada peneliti berikutnya, disarankan untuk menambah variabel-variabel lain yang diduga berhubungan kinerja guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Inopendas merupakan jurnal inovasi pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar yang diharapkan mempublish artikel-artikel hasil penelitian terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memfokuskan pada inovasi pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran tinggi ...