Sejumlah penelitian terdahulu, yang berlokasi di beberapa sekolah di Indonesia, telah membuktikan bahwa motivasi berprestasi memiliki hubungan positif dengan kinerja guru. Namun demikian, penelitian terkait variabel tersebut di atas, belum pernah dilakukan di SMA Negeri 3 Soromandi, Kabupaten Bima.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui tingkat hubungan motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Adapun subyek penelitian ini, sebanyak 23 guru di SMA Negeri 3 Soromandi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Untuk menguji hipotesis penelitian, dilakukan analisis data menggunakan Stastistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Hasil pengujian dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA Negeri 3 Soromandi. Temuan ini menegaskan bahwa apabila motivasi berprestasi ditingkatkan, maka kinerja guru akan meningkat. Kepada peneliti berikutnya, disarankan untuk menambah variabel-variabel lain yang diduga berhubungan kinerja guru.
Copyrights © 2020