Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
Vol 4, No 2 (2017): Desember

Analisis Faktor-Faktor Pada Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman Lokal di Kota Surabaya

Widhayani Puri Setioningtyas (Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sutama Wisnu (Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2017

Abstract

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang memiliki respon serta perkembangan yang baik terhadap industri perdagangan khususnya dalam bidangmakanan dan minuman. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan banyaknya produsen atau pengusaha lokal yang memproduksi berbagai macam makanan dan minuman baru sehingga memicu peningkatan persaingan pada industri tersebut.Tak heran jika berbagai cara dilakukan oleh produsen untuk menawarkan produknya agar dapat menarik minat beli konsumen. Namun tingginya persaingan menyebabkan banyak produk tidak dapat berkembang maupun bertahan di pasaran. Selan jutnya terdapat beberapa faktor yang diketahui mampu memberikan pengaruh pada perilaku pembelian konsumen terhadap produk makanan dan minuman lokal antara lain, yaitu : (a) Aktualitas produk, (b) Kualitas dan Masalah Kesehatan, (c) Penampilan Produk, (d) Kesegaran dan Rasa, (e) Rasa Ingin Tahu dan Gengsi. Berikutnya variabel terikat yakni Perilaku Pembelian Konsumen merupakan faktor terpenting yang harus diraih oleh produsen agardapat mempertahankan eksistensi serta mengembangkan produknya dalam pasar di Kota Surabaya.Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang gemar atau berulangkali membeli produk makanan dan minuman lokal di Kota Surabaya. Tahap berikutnya adalah analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier multiple dengan instrumen kuesioner.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and ...