cover
Contact Name
Mohammad Arief
Contact Email
jsmb@trunojoyo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsmb@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal Bangkalan Madura
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
ISSN : 23559643     EISSN : 24603775     DOI : https://doi.org/10.21107
Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and practitioners in the publishing of scientific papers have been produced, both the study of theory and research. Through innovative thinking, the expected scientific developments, especially in the field of Management and Business can be achieved. JSMB issue twice a year (bi-annual) in June and December. This journal focuses on topics: corporate governance, human resources, strategic management, entrepreneurship, marketing management, the Management and information system, financial management, decision analysis, management research, Tourism Management, Green Management, and others.
Articles 203 Documents
Analisis Faktor-Faktor Pada Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman Lokal di Kota Surabaya Widhayani Puri Setioningtyas; Sutama Wisnu
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2017): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v4i2.6596

Abstract

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang memiliki respon serta perkembangan yang baik terhadap industri perdagangan khususnya dalam bidangmakanan dan minuman. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan banyaknya produsen atau pengusaha lokal yang memproduksi berbagai macam makanan dan minuman baru sehingga memicu peningkatan persaingan pada industri tersebut.Tak heran jika berbagai cara dilakukan oleh produsen untuk menawarkan produknya agar dapat menarik minat beli konsumen. Namun tingginya persaingan menyebabkan banyak produk tidak dapat berkembang maupun bertahan di pasaran. Selan jutnya terdapat beberapa faktor yang diketahui mampu memberikan pengaruh pada perilaku pembelian konsumen terhadap produk makanan dan minuman lokal antara lain, yaitu : (a) Aktualitas produk, (b) Kualitas dan Masalah Kesehatan, (c) Penampilan Produk, (d) Kesegaran dan Rasa, (e) Rasa Ingin Tahu dan Gengsi. Berikutnya variabel terikat yakni Perilaku Pembelian Konsumen merupakan faktor terpenting yang harus diraih oleh produsen agardapat mempertahankan eksistensi serta mengembangkan produknya dalam pasar di Kota Surabaya.Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang gemar atau berulangkali membeli produk makanan dan minuman lokal di Kota Surabaya. Tahap berikutnya adalah analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier multiple dengan instrumen kuesioner.
Perancangan Perbaikan Proses Produksi Komponen Bodi Mobil Daihatsu dengan Lean Manufacturing di PT. “XYZ” Satria Khalif Isnain; Putu Dana Karningsih
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2016): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v3i2.2619

Abstract

PT. Inti Pantja Press Industri merupakan produsen komponen-komponen bodi mobil Daihatsu merk Xenia, Terios, Ayla, Sirion dan Sigra berlokasi di Bekasi. Industri otomotif memiliki potensi bisnis yang positif karena permintaan mobil yang terus bertambah setiap waktu. Namun, agar dapat memenangkan kompetisi bisnis yang saat ini semakin berat, maka PT. IPPI harus dapat menjalankan produksi secara lebih efisien. Hasil observasi awal pada proses produksi Daihatsu Xenia terindikasi beberapa masalah yang terkait dengan adanya pemborosan (waste) misalnya bottleneck dan cacat. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, pendekatan lean manufacturing dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pertama-tama pemborosan diidentifikasi dengan Value Stream Mapping kemudian Borda Count Method dipergunakan untuk menentukan pemborosan (waste) kritis pada lantai produksi yang hasilnya yaitu waste waiting, defects dan over production yang menyebabkan terjadinya over inventory finish part. Metode 5 Whys kemudian dipergunakan untuk mencari akar penyebab pemborosan (waste). Berdasarkan Failure Mode and Effect Analysis diketahui akar penyebab waste tertinggi adalah operator tidak membersihkan dies sebelum proses press, lifetime komponen yang telah habis namun tidak diganti dan karat pada produk finish part. Rekomendasi perbaikan yang dapat diusulkan yaitu penerapan metode Poka Yoke dengan instalasi sensor dan peralatan di mesin press dan pemasangan wrapping pada pallet produk finish part.
Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram: Perspektif Promosi, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Irany Windhyastiti; Dhia Zharfaningrum; Syarif Hidayatullah; Umu Khouroh; Irany Windhyastiti; Abdul Waris
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2020): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v7i2.9300

Abstract

Analisis Penciptaan Loyalitas Melalui Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Rasional, Emosional, dan Spiritual Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan Endang Sulistya Rini; Yeni Absah
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v2i1.1504

Abstract

Dewasa ini bank syariah menjadi salah satu sektor industri yang berkembang pesat di Indonesia. Bisnis perbankan syariah semakin dinamis sehingga memacu para pengelola perbankan untuk dapat berpikir secara kreatif dan inovatif agar selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya dengan menyediakan produk dan jasa yang lebih unggul dibandingkan para pesaingnya. Bank perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif sehingga dapat memberi kepuasan dan loyalitas konsumen. Strategi tersebut antara lain adalah strategi pemasaran rasional, emosional dan spiritual. PT. Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan bank konvensional dan bank syariah yang semakin meningkat jumlahnya. Selain itu, persepsi yang selama ini ada di benak masyarakat adalah perbankan konvensional selalu lebih menguntungkan secara finansial dibandingkan perbankan syariah karena sistem bunganya. Sistem bagi hasil yang diterapkan bank syariah masih dianggap sama saja dengan bunga pada bank konvensional. Masalah lain adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap sistem perbankan syariah. Banyak masyarakat mengira bank syariah hanya untuk Kaum Muslim saja dan masih ragu terhadap prinsip Syariah yang diterapkan. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan, dengan sampel sebanyak 100 nasabah. Responden ditentukan dengan metode Sampel Random Sistematik (Systematic Random Sampling). Alat analisis inferensial yang digunakan adalah Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran emosional dan spiritual berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan strategi pemasaran rasional berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan.
The Effect Of Work Culture On The Improvement Of Work Performance Of Dispora Employees Lamongan Regency Siddiq Siddiq; Iswanto Iswanto
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v6i1.6675

Abstract

Work culture is a philosophy as values into the nature, habits, and the driving force that is shared by every individual in the working environment of an organization. This study aims to determine whether the work culture, discipline, openness, and cooperation has partially and simultaneously influence on work performance of Dispora employees. Based on the background and purpose of the study above it can be drawn a conclusion that is allegedly working culture that consists of a variable discipline, openness and cooperation and simultaneous partial effect on work performance. Allegedly discipline variable most dominant influence on the performance of Dispora employees. Data used in the study consisted of: primary data and secondary data. Further data collection techniques by using observation, documentary and questionnaire. Data analysis methods: Test Validity, Reliability Testing , Regression , Correlation , Coefficient of Determination , t Test , and Test F. From the test results obtained t count variable t discipline ( X1 ) 8.694 1.678 ≥ t table , openness variable ( X2 ) 4,656 ≥ t table 1,678 and variable cooperation ( X3 ) 7.498 1.678 ≥ t table. So it can be concluded that the discipline variable ( X1 ) , openness ( X2 ) and cooperation ( X3 ) partially significant effect on job performance ( Y ) employees Dispora Lamongan . ANOVA table F count equal to 233.739 ≥ f. The table is 2.81 means that the variable discipline, openness, and cooperation simultaneously significant effect on job performance . Y = 1.179 + 1,340X1 + 0,578X2 + 0,783X3. Judging from discipline variable regression coefficient of 1.340 has the greatest value compared with other variable regression coefficient (openness and cooperation). Thus it can be concluded that the most dominant factor influencing performance is variable discipline. Based on the above analysis of the research results it can be deduced that the variable discipline , openness , and cooperation has a significant influence on the performance of partially or simultaneously , and it can be seen that the variable most dominant discipline on job performance. Employee discipline should be put forward by the management office. Based on research conducted by multiple factors evident that discipline is regarded as an influential factor on the performance of the Dispora office. 
Peran Akuntan Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme Calon Akuntan Aristha Purwanthari Sawitri; - Fauziyah
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2017): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v4i2.3963

Abstract

Persaingan  sumber daya manusia saat ini semakin ketat khususnya di negera Asia Tenggara (ASEAN) hal ini didukung pula dengan ditandatanganinya kesepakatan antar negara-negara ASEAN mengenai persaingan bebas yang disebut ASEAN Economic Community (AEC). Perguruan tinggi merupakan kunci utama dalam mencetak generasi bangsa khususnya calon akuntan karena calon akuntan mempunyai peran yang besar dalam perkembangan perekonomian di suatu negara serta peran akuntan pendidik diperlukan untuk mencetak calon akuntan yang berkualitas dan profesional. Peran akuntan dalam penelitian ini yaitu komitmen dan kompetensi akuntan pendidik untuk menciptakan profesionalisme calon akuntan. Definisi seseorang yang professional antara setiap individu berbeda-beda. Dimana untuk menjadi seseorang yang professional harus menguasai bidang pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan karakteristik (Ethics). Sampel penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta di Surabaya. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel komitmen dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap profesionalisme calon akuntan, serta ditemukan bahwa hanya variabel komitmen berpengaruh positif secara signnifikan terhadap profesionalisme, sedangkan 33,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Role Stress dan Intensi Wanita Berwirausaha Zulhawati Zulhawati; Pujiastuti Pujiastuti; Ifah Rofiqoh
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v3i1.2568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui role stress dan intensi wanita untuk berwirausaha. Penelitian di lakukan terhadap ibu-ibu peserta pelatihan batik tulis di Dusun Serut Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan Bantul DIY. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu dengan menggunakan wawancara dan pendampingan selama pelatihan. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan triangulasi dan member check. Penelitian ini menemukan bahwa dari sepuluh responden dua orang siap menjadi wirausaha karena memang mereka sudah punya wirausaha. Sisanya masih ragu-ragu karena berbagai hambatan yang akan dihadapi dan khawatir terhadap prospek masa depan. Role stress menjadi pertimbangan para wanita untuk menjadi wirausaha. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya bisa memasukkan latar belakang keluarga, modal sosial dan peningkatan kreativitas dan pembelajaran kewirausahaan. Penambahan informan juga bisa digunakan untuk mengetahui intensi wanita untuk berwirausaha.
Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Ananda Putri Setyorini; Fernaldi Anggadha Ratno
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2020): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v7i2.9045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengaruh Promotion Mix yang terdiri dari advertising (Periklanan), sales promotion (promosi penjualan), public relation (hubungan masyarakat), personal selling (penjualan pribadi), dan direct marketing (pemasaran langsung) berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Boyolali (Tahun 2015-2019). Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepda nasabah yang menabung di BSM KCP Boyolali. Sampel yang diambil sebanyal 100 responden nasabah yang menabung di BSM KCP Boyolali dengan teknik simple random sampling,data kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22 dan analisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi uji reabilitas, uji validitas, uji regresi, uji regresi linear berganda,pengajuan hipotesis melalui uji T, uji F, serta koefisien determinasi (R^2) dan uji asumsi klasik. Hasil T_test menunjukan bahwa advertsing, sales promotion, personal selling, dan direct marketing  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali. Sedangkan public relation tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali. Uji F_test menunjukan bahwa advertsing, sales promotion, personal selling, public relation ,dan direct marketing  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali.
Pengaruh Nilai Tukar Euro Dan Yuan Terhadap Indeks JII, Indeks PEFINDO 25 Dan Indeks IDX 30 Di Bursa Efek Indonesia Jaka Ardiansyah
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v2i2.1495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai tukar Euro dan Yuan terhadap indeks JII (Jakarta Islamic Index), Pefindo 25 dan IDX 30 di bursa efek Indonesia secara simultan dan parsial. Data yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah data time series indeks JII, indeks Pefindo 25, indeks IDX 30, nilai tukar Rupiah terhadap Euro dan Yuan yang dibatasi pada data harian selama periode bulan januari tahun 2015 sampai bulan Agustus 2015 yakni 162 pengamatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda untuk menjelaskan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel nilai tukar Euro dan Yuan terhadap indeks JII, indeks Pefindo dan indeks IDX 30. Secara parsial, nilai tukar Euro berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks JII, indeks Pefindo 25 dan indeks IDX 30. Nilai tukar Yuan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks Pefindo, sementara terhadap indeks JII dan indeks IDX 30 nilai tukar Yuan memiliki pengaruh yang tidak signifikan.
Religiusitas dan Kewirausahaan; Faktor Kritis dalam Mencapai Kinerja Bisnis pada UKM di Kabupaten Malang Rita Indah Mustikowati; Sri Wilujeng
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/jsmb.v5i2.6659

Abstract

Religiosity are extremely abstract and subjective.From this perspective, the extent to which the level of religiosity that is owned by a person will affect the achievement of the firm performance, including SME’s. Thus, the purpose of this research is to examine some of the factors that affect the achievement of the performance based on the perspective of religiosity.The research population is all of SME’s In Malang, with a total sample of 100 SMEs. Sampling method that used to collecting data is probability sampling method, with Proportional Random Sampling techniques. Methods of data analysis used is Multiple Regression. Based on the results of hypothesis testing showed that all the factors that exist on the concept of religiosity, including honesty, ethics, moral and mutual value the influence on business performance improvements. Thus, in order to the business performance increased, the entrepreneurs SMEs in Malang should increase the level of religiosity.

Page 1 of 21 | Total Record : 203