Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
Vol 4, No 2 (2017): Desember

Peran Akuntan Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme Calon Akuntan

Aristha Purwanthari Sawitri (Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
- Fauziyah (Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2017

Abstract

Persaingan  sumber daya manusia saat ini semakin ketat khususnya di negera Asia Tenggara (ASEAN) hal ini didukung pula dengan ditandatanganinya kesepakatan antar negara-negara ASEAN mengenai persaingan bebas yang disebut ASEAN Economic Community (AEC). Perguruan tinggi merupakan kunci utama dalam mencetak generasi bangsa khususnya calon akuntan karena calon akuntan mempunyai peran yang besar dalam perkembangan perekonomian di suatu negara serta peran akuntan pendidik diperlukan untuk mencetak calon akuntan yang berkualitas dan profesional. Peran akuntan dalam penelitian ini yaitu komitmen dan kompetensi akuntan pendidik untuk menciptakan profesionalisme calon akuntan. Definisi seseorang yang professional antara setiap individu berbeda-beda. Dimana untuk menjadi seseorang yang professional harus menguasai bidang pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan karakteristik (Ethics). Sampel penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta di Surabaya. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel komitmen dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap profesionalisme calon akuntan, serta ditemukan bahwa hanya variabel komitmen berpengaruh positif secara signnifikan terhadap profesionalisme, sedangkan 33,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and ...