Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI)
Vol 2, No 2 (2020): VOL 2, NO 2 DESEMBER 2020: JURNAL KAJIAN AGAMA, HUKUM DAN PENDIDIKAN ISLAM

KORELASI PENDIDIKAN DAN USHUL FIQH DALAM KONSEP ISTISHLAH DAN SADD DZARI’AH

Anastasya Ramadhina (UIN Jakarta)
Yunus Yunus (STMIK Eresha)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2021

Abstract

Nilai-nilai yang terdapat dalam sumber hukum Islam, seperti al Quran, istihlah, sadd al dhara’i‘, diterapkan ke dalam masyarakat dan diterapkan secara menyeluruh di dalam lembagalembaga pendidikan Nilai-nilai ini ditransmisikan kepada para peserta didik melalui metode-metode seperti dialog, kerja sama, pemecahan masalah dan pembuatan batasan yang demokratis. Dalam mentransfer pengetahuan dan nilai-nilai ini, seorang pendidik harus berpijak pada dua pendekatan yang sangat penting yaitu; pertama, mendorong sikap hormat terhadap perbedaan, dengan berpijak pada konsep bahwa pendidikan sebagai cermin (mirror), jendela (window), dan percakapan (conversation); kedua, melakukan aktivitas kelas yang lebih kooperatif berbasis pada asas keadilan dan persamaan. Sedangkan Pendidikan Islam sejalan dan bahkan merupakan penerapan konsep Sadd adz-dzarâi karena teori tersebut dirancang untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan di masa depan bagi lembaga pendidikan Islam. Kata Kunci: Korelasi, Pendidikan dan Ushul Fiqh. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kahpi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kajian Agama, Hukum, dan Pendidikan Islam, disingkat KAHPI diterbitkan oleh Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang sebagai wadah publikasi hasil penelitian di bidang Agama Islam, Hukum Islam dan Pendidikan Islam. Diterbitkan 2 kali dalam setahun, pada Juli dan Desember. Terbit pertama ...