Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2013)

DESAIN PEMBELAJARAN LUAS MENGGUNAKAN KAIN MOTIF KOTAK-KOTAK DI KELAS III

Tri Muhti Haryani (Universitas Sriwijaya)
Ratu Ilma Indra Putri (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penggunaan kain motif kotak-kotak yang dapat membantu siswa memahami konsep pada pembelajaran luas di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation studies yang melibatkan siswa kelas III SD Negeri 32 Palembang. Aktivitas dilakukan mulai dari kegiatan penggunaan kain motif kotak-kotak dalam memahami unit pengukuran dan ukuran unit sehingga penggunaan kain motif kotak-kotak memiliki peranan penting dalam membantu siswa memahami konsep pembelajaran luas di kelas III, selanjutnya bentuk unit dalam memahami unit yang tepat untuk memahami dan menemukan rumus luas untuk menuju tahap formal yaitu melalui penggunaan kertas berpetak dalam membantu mengestimasi luas bentuk bangun datar tidak beraturan. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang berbasis pengalaman telah membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...