Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBERIAN SOAL OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Rindu Rumapea (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Santa Theresia Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan awal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada model konvensional, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pemberian soal Open-Ended dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...