Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2013)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Rudi listyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2017

Abstract

ABSTRAK Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan mempunyai efek potensial meningkatnya hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapaun tahap tahap dalam penelitian tindakan kelas adalah perencanaan , tindakan , observasi dan refleksi.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 7 SMA Xaverius 1 Palembang  semester ganjil tahun pembelajaran 2015 /2016 yang berjumlah 36 siswa.  Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran berbasis masalah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi , tes dan video. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diketahui bahwa kegiatan belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemempuan berpikir kritis siswa dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah,Berpikir kritis siswa dan Penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...