Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2009)

EFEK POTENSIAL PELATIHAN PMRI TERHADAP GURU-GURU MATEMATIKA DI PALEMBANG

Ratu Ilma (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2013

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efek potensial terhadap guru-guru matematika di Palembang setelah mengikuti pelatihan PMRI, yang dilihat dari (1) Apa reaksi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta telah mengerti terhadap apa yang dipelajari selama pelatihan? Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah: seluruh peserta pelatihan PMRI yang terdiri dari 100 orang guru dari 15 SD dan 2 MIN di Sumatera Selatan. Alat pengumpul data adalah Angket terbuka dan tertutup untuk mengukur reaksi dan kepuasan peserta pelatihan PMRI, tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, serta simulasi di depan kelas. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa  dari hasil  angket terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada peserta sebanyak 100 eksemplar sebagai sampel dapat diketahui 100% program pelatihan yang telah dilaksanakan relevan/sesuai dengan kebutuhan guru, 100% materi yang disajikan juga sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas guru di sekolah. 100% peserta pelatihan sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan serta membutuhkan kelanjutan dari pelatihan PMRI, dan menyarankan untuk yang akan datang  lebih banyak guru yang dilibatkan. Hasil evaluasi terhadap peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan mampu menyelesaikan materi yang diberikan dengan baik, serta mampu mengajarkan materi di depan peserta pelatihan  dengan baik. Keywords: Pelatihan PMRI, Potensial Efek

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...