Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal aplikasi Persamaan Kuadrat melalui pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem solving). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XSMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dengan  Ketuntasan belajar dengan KKM yang ditetapkan 80%.  Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian untuk melihat tingkat keberhasilan belajar siswa. Hasil ulangan siswa diperiksa kemudian dianalisis, setelah dianalisis ternyata pada siklus I nilai rata-rata siswa 79,38 dan ketuntasannya 62,50%  sebanyak 20 orang. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 86,84 sebanyak 28 orang (87,50%) dan telah mencapai KKM. Hal ini pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata 8,64 (25%). Berarti model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung. Dari hasil penelitian ini pembelajaran matematika diharapkan guru menggunakan model, pola atau media penunjang terlaksananya proses pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi, sehingga peserta didik dapat termotivasi  untuk meningkatkan hasil belajar. Setiap usaha dan upaya maksimal akan menghasilkan suatu kesuksesan.Kata Kunci: persamaan Kuadrat, Pembelajaran Berbasis Masalah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012