Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2019)

ANALISIS INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING MATEMATIKA SMP

Nusrotus Sa'idah (Universitas Islam Nahdlatul '
Ulama Jepara)

Hayu Dian Yulistianti (Universitas Islam Nahdlatul '
Ulama Jepara)

Eka Megawati (STT Migas Balik Papan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari instrumen tes matematika yang dilihat dari tingkat kesulitandan daya beda soal. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen tes Higher order Thinking. Bentuk instrumen ini adalah multiple choice. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Jepara dengan mata pelajaran Matematika. Telaah kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi dan bahasa. Telaah secara kuantitatif dengan pendekatan Teori Tes Klasik. Dalam teknik analisis data aspek yang diukur adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda soal dan efektivitas Distraktor. Soal ini terdiridari 20 item soal pilihan ganda yang mengacu pada taxonomy blomms. Kognitif level dalam butir ini meliputi C4(evaluasi), C5 (Analisis), dan C6(mengkreasi).  Dari hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa secara konstruksi, bahasa dan materi mempunyai kriteria tinggi atau diterima. Hasil analisis dengan teori tes klasik menggunakan program ITEMAN menunjukkan hasil butir item pilihan ganda 50% mempunyai kriteria baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...