Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMB)
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis

Model Perilaku Pembelian Online Melalui Market Place Bukalapak Dilihat Dari Perspektif Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Pemasaran

Muhamad Al Faruq Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh keputusan pembelian secara online di marketplace. Objek penelitian adalah penjual yang mempunyai reputasi baik dan transaksi siginifikan dalam berjualan di e-commerce Bukalapak. Variabel independen yang didapatkan dari hasil survei pendahuluan kepada pembeli adalah persepsi harga, kualitas pelayanan, dan komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan PLS.Populasinya adalah pelanggan e-commerce bukalapak yang berbelanja di toko Farqi Cellular, dengan sampel sekitar 162 responden. Hasil pengujian data dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 didapatkan didapatkan persepsi harga mempunyai hubungan positif dan berpengaruh tidak signifikan,kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran mempunyai hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Dengan nilai R-square (R2) = 0.757 menunjukan bahwa kemampuan variabel independen (persepsi harga, kualitas pelayanan, komunikasi pemasaran) dalam menerangkan varians variabel dependen (keputusan pembelian online) sebesar 75,7%. Sedangkan 24.3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jimb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

In order to make Indonesia the center of the worlds Islamic economy, tourism is one of the potential sektors to be developed. The Ministry of Tourism and Creative Economy visited Indonesia as many as 6 million visitors until 2024. Kota Tua area is one of the priority tours that will be made ...