Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji permasalahan tentang pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di Agro Wisata Perkebunan Tlogo, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial yaitu melakukan análisis hubungan antar variabel dengan pengujian hipotesis. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner, kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi variabel, pengujian data, uji hipotesis dan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara keseluruhan sudah menunjukkan hal positif yaitu kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Sebesar 61,1% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas. Sedangkan sisanya 38,9% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel kualitas pelayanandan fasilitas. Hanya saja pihak pengelola Agro Wisata Perkebunan Tlogo Kabupaten Semarang perlu memperhatikan dan meningkatkan lagi variabel fasilitas karena mempunyai pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen dilihat dari koefisien regresinya, oleh sebab itu Pihak pengelola Agro Wisata Perkebunan Tlogo Kabupaten Semarang perlu memperbaiki indikator fasilitas yang masih kurang menurut jawaban responden seperti penyediaan tempat parkir yang luas dan aman serta kondisi lingkungan yang nyaman.
Copyrights © 2017