Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
Vol 16, No 3 (2020): GEMAWISATA SEPTEMBER 2020

Planning dan Kualitas Pelayanan Departement Housekeeping Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel

Pratama, M. Febriyan (Unknown)
Palupiningtyas, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2020

Abstract

       Planning & Kualitas pelayanan Departement Housekeeping terhadap kepuasan tamu di Hotel Nirwana Pekalongan. Penelitian ini dilakukan di Hotel Nirwana Pekalongan. Terdapat beberapa faktor yang dapat menunjang kepuasan tamu, salah satunya yaitu pelayanan department housekeeping. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan housekeeping departement di Hotel Nirwana Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian bermetode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan memperoleh data dan fakta  yang diperlukan, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan responden sebanyak 13 orang, dengan rincian 10 responden tamu, 1 responden executive housekeeper, 1 responden housekeeping supervisor, dan 1 responden assistant front office manager. Dari hasil penelitian ini dibahas beberapa faktor yang dapat housekeeping berikan untuk menunjang kenyamanan dan kepuasan tamu saat tinggal di Hotel Nirwana pekalongan. Karena housekeeping department memiliki peranan besar, tidak hanya dalam kenyamanan dan kepuasan. Kata Kunci : Perencanaan, kualitas pelayanan, kepuasan tamu

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JT

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan ...